Jumat, 05 Februari 2010

POSDAYA Sirnagalih dan Assalam


POS PEMBERDAYAAN KELUARGA AS-SALAM MENDAPAT BANTUAN DISPERINDAG KAB. CIANJUR DAN TENAGA PENDAMPING MAHASISWA IPB BOGOR

Disperindag Kabuaten Cianjur melalui kasi bina AGRO Industri Ibu Euis Sukaeni Memberikan bantuan berupa seperangkat kompor gas dan pelatihan pengemasan selama 5 (lima) hari dijakarta mulai tanggal 1 – 5 februari 2010 untuk posdaya assalam desa sirnagalih kecamatan cilaku kabupaten Cianjur yang diterima langsung ketua posdaya assalam Bapa. Endang Rahmat pada kesempatan itu juga posdaya assalam mendapatkan tenaga pendampingan dari mahasiswa IPB selama 1 (satu) Bulan.

Acara serah terima tenaga pendampingan mahasiswa IPB untuk program posdaya langsung diGOR desa Sirnagalih yang diterima langsung oleh Kaur Ekbang Desa Sirnagalih Bapa. Acep Wowo. Dalam kesempatan ini bapak Acep Wowo mengucapkan terima kasih pada Pemda Kabupaten Cianjur dan P2SDM LPPM IPB Bogor yang telah menjadikan Desa Sirnagalih menjadi Pilot Pojeck program posdaya.


POSDAYA yaitu Pos Pemberdayaan Keluarga Untuk merangsang pemberdayaan keluarga menuju keluarga sehat cerdas dan sejahtera. Sasaran kegiatan yang mudah diikuti oleh banyak keluarga terutama keluarga miskin, perempuan dan keluarga muda juga menuntaskan target MDGs (Milinium Develoment Golds), proses pemberdayaan bertahap dan mandiri,pendampingan tenaga profesional, pengunaantepat guna yang sudah teruji dengan dukungan IPB BOGOR( ilmu,SDM,dan tenaga pendamping),Yayasan DAMANDIRI(inisiasi dukungan dana,advokasi,komunikasi dan edukasi) dan pemerintah daerah ( komitmen dan palsilitasi),pembentuk dan pengisi pos daya sebagai forum bersama bisa posdaya pribadi( keluarga yang mampuh dan perduli),pos daya mesjid (jemaah yang peduli), posdaya sekolah atau universitas ( yang peduli pada masyarakat sekitar sekolah), posdaya perusahaan ( perusahaan yang peduli pada penduduk sekitar tempat usahanya), posdaya RT/ RW dan Desa dengan unit kegiatan bidang pendidikan, kesehatan dan Ekonomi.

Pada kesempatan ini juga bapak. Acep Wowo juga menjelaskan program posdaya ini sudah mulai dilirik oleh kabupaten kabupaten yang ada di Jawa Barat karena mampu menjawab permasalahan permasalahan yang ada dimasyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar