Senin, 22 Maret 2010

Rapat Evaluasi Kegiatan Pendampingan di 10 Posdaya

Sebanyak 31 Mahasiswa presentasi Posdaya Share Senin, 22 Maret 2010

Sebanyak 31 mahasiswa memberikan laporan pendampingan program Posdaya di wilayah Kota dan Kabupaten Bogor , Cianjur dan Sukabumi dalam sebuah forum presentasi dan diskusi yang digelar di Ruang Sidang LPPM, Kampus IPB Darmaga, yang diselenggarakan oleh P2SDM LPPM IPB dan Yayasan Damandiri, Jakarta (19/3).

Posdaya hasil pendampingan mahasiswa yang dipresentasikan adalah Posdaya Bina Sejahtera (Kelurahan Pasir mulya, Kota Bogor), Posdaya mandiri, (Kelurahan Tegal Gundil, Kota Bogor) Posdaya Kenanga (Desa Giri Mulya, Kabupaten Bogor), Posdaya Benteng Harapan, (Desa Benteng Kabupaten Bogor), Posdaya Annur, (Desa Galudra, Kabupaten Cianjur), Posdaya Sirnagalih,( Desa Sirnagalih, Kabupaten Cianjur), Posdaya Melati, (Desa nagraksari, Kabupaten Sukabumi), Posdaya As Salam, (desa Sirnagalih, Kabupaten Cianjur), Posdaya Jati Mandiri,( Desa Bojong menteng Kabupaten Sukabumi )dan Posdaya Puspa Lestari, (Kelurahan Pasir Kuda, Kota Bogor).

Wakil Kepala Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat IPB, Dr.Ir. Prastowo, menyampaikan program ini berangkat dari keinginan IPB untuk membantu masyarakat. Sehingga Dr.Prastowo menegaskan kepada mahasiswa pendamping jangan sampai membebani masyarakat dengan adanya aktifitas mahasiswa.KEgiatan pendampingan ini harus menjadi nilai tambah untuk masyarakat.

Selain itu Dr.Prastowo menambahkan kegiatan pendampingan Posdaya mahasiswa harus dapat berkelanjutan dengan kunci utamanya fokus dan Konsisten.

Masing masing wilayah sasaran Posdaya ditempatkan sekitar 3 sampai 4 orang mahasiswa dari berbagai jurusan. Dalam Pendampingannya, mahasiswa yang bertugas di wilayah Kabupaten Bogor, Cianjur dan Sukabumi yang memiliki potensi dalam bidang pertanian memberikan pembekalan dengan pelatihan pembuatan kompos dan budidaya jamur tiram untuk menambah pendapatan masyarakat. Selain itu mahasiswa juga membantu pemasaran dari produk unggulan yang telah ada.

Seperti yang dilakukan oleh Meilina Fitriani dan kawan-kawan, mahasiswa yang melakukan pendampingan di Desa Benteng , Kabupaten Bogor telah membantu pendanaan dengan mencarikan donatur untuk pengembangan Posdaya Benteng Harapan. Selain itu membantu masyarakat desa sekitar untuk memasarkan produk unggulannya yaitu Deblo Garing di lokasi sekitar kampus IPB Darmaga.(dh)

4 komentar:

  1. semoga posdaya bisa lebih baik lagi...amin
    posdaya sirnagalih bagaimana perkembangannya?
    bu irma, pa wowo,dan pengurus lainnya apa kabar?
    di ipb, yuli sama ita sedang ujian tengah semester, mohon doanya ya...
    oya bagaimana dengan RW 11, posdaya nya sudah terbentuk? salam buat warga cianjur,,,

    BalasHapus
  2. Discussion on social media chat application like facebook, skype, whatsapp, kik, wechat, omegle, twitter and other Social Media Chat software. Participate any forum for question or answer at www.socialmediachatforum.com.
    Social media chat forum

    BalasHapus
  3. Aslmkm,apa kabarPOSDAYA Geulis Bageur khusus Kp.cangkurawok kelihatannya Tidak adaa gerakan,padahal sy yakin setiap warga kp.cangkurawok memiliki banyak potensi yǵ dapat θî berdayakan.
    Sy juga sering melihat POSDAYA yǵ berada θî desa Balumbang jaya mereka kompak ϑάπ terlihat pemberdayaan warganya.
    Dapat kita lihat spanduk2 yǵ terlihat θî salah satu rumah warga yǵ bertuliskan SEKTOR PEREKONOMIAN.

    Anwar (cireng Rujak kucur/BATAGOR NGOJAY )
    (Anak pensiunan PNS IPB)
    Pin  29B410C3
    WA : +6285772983922

    BalasHapus