Minggu, 22 Mei 2011

Melalui Posdaya, Muncul Kartini-Kartini Pemberdayaan

Selasa, 3 Mei 2011


Asnawati dan Ela Badriyah, dua wanita paruh baya ini, menjadi contoh kartini-kartini pemberdayaan saat ini. Keduanya dipilih oleh Pusat Pengembangan Sumberdaya Manusia (P2SDM) Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB untuk menjadi narasumber pada Dialog Sore di RRI Bogor, Selasa (19/4).

Asnawati merupakan kader Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) Kenanga Kelurahan Situ Gede, sedangkan Ela Badriyah adalah kader Posdaya Bina Sejahtera Kelurahan Pasir Mulya Kecamatan Bogor Barat.

Peneliti P2SDM LPPM IPB, Ir. Mintarti, M.Si., yang mendampingi kedua ibu ini mengatakan, keduanya dinilai telah berhasil ‘menularkan’ keterampilan yang dimiliki pada lingkungannya. Asnawati telah berhasil menggerakkan roda perekonomian khususnya kaum ibu di sekitar lingkungannya, melalui Wanita Tani Sawargi yang sukses mengolah talas Bogor menjadi aneka penganan yang telah mendunia.

Betapa tidak, dodol talas dan kerupuk talas misalnya, ternyata sudah sering mengikuti pameran baik di dalam maupun luar negeri. Bahkan bagi sejumlah karyawan Cifor (sebuah pusat penelitian tentang hutan dunia yang berada di Situ Gede, red) yang berasal dari negara Belanda, kedua penganan ini menjadi oleh-oleh wajib di saat mereka kembali ke negara asalnya.

Sementara Ela Badriyah, menjadi pelopor berdirinya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) bagi lingkungannya. Berbekal semangat tinggi, pada pertengahan tahun 2008, Ela mengawali PAUD dengan sepuluh anak didik yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sampai kini sedikitnya 50 anak yang berhasil ia rangkul untuk mengikuti PAUD.

“Saya menggunakan garasi rumah untuk pelaksanaan PAUD,” ujar Ela saat sessi dialog yang dipandu H. Mukhlis Abdilla, presenter senior RRI Bogor.

Ir. Mintarti, M.Si., di akhir dialog menegaskan bahwa peran riil sebagai wanita adalah ketika berhasil meningkatkan kualitas keluarga dan kualitas masyarakat sekitar dengan kemampuan yang dimiliki. (nm-newipb.ac.id)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar