Minggu, 22 Mei 2011

Tingkatkan Pemberdayaan Masyarakat, Lokakarya Posdaya Digelar

Jumat, 29 April 2011
Untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat, Pemerintah Kota Bogor menggelar Lokakarya Pos Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya), Jumat (29/4/2011). Dengan menggandeng Posdaya, masyarakat Bogor diharapkan dapat berpartisipasi aktif memberdayakan diri mereka sendiri, memberantas kemiskinan, pengangguran, dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Wakil Walikota Bogor Achmad Ru’yat membuka langsung Lokakarya yang diikuti oleh sekitar 124 peserta, mulai dari Camat se-Bogor, Lurah se-Bogor, Kader Posdaya dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Peserta Lokakarya juga mendapat pengarahan langsung dari Ketua Yayasan Damandiri Prof Dr Haryono Suyono. Ketua Tim Penggerak PKK Fauziah Diani Budiarto juga terlihat mengikuti Lokakarya.

“Saya berharap melalui lokakarya ini dapat dibahas dan didiskusikan program atau kegiatan yang dapat diimplementasikan untuk mengoptimalkan peran dan fungsi posdaya dalam meningkatkan derajat kesejahteraan hidup masyarakat,” ujar Ru’yat sebelum membuka secara resmi Lokakarya yang diselenggarakan di Graha Pool, Jalan Merdeka 110, Bogor.

Ru’yat mengaku selama ini Pemerintah Kota Bogor sudah menggarap banyak kegiatan untuk mendorong masyarakat lebih berdaya dalam mengatasi ketidakmampuan mereka memenuhi beragam kebutuhan hidup.

Sedikitnya, jelas Ru’yat, pemerintah kota Bogor sudah menjalankan empat program pemberdayaan, diantaranya program usaha ekonomi masyarakat dan teknologi tepat guna, program pengembangan lembaga ekonomi kelurahan, serta program peningkatan keberdayaan masyarakat kelurahan.

Tetapi hingga kini pihaknya mengaku belum puas. Karena beban permasalahan yang harus diatasi relatif lebih besar daripada apa yang sudah dicapai. Tercatat sedikitnya ada 165.689 masyarakat miskin yang ada di kota Bogor. Untuk itu, Pemerintah Kota Bogor masih memprioritaskan penanganan masalah kemiskinan.

“Penanganan kemiskinan memang tidak bisa sepenuhnya dilakukan oleh pemerintah. Karenanya diperlukan peran serta masyarakat untuk membantu pelaksanaan program dan kegiatan untuk mengentaskan kemiskinan,” ujar Ru’yat.

Untuk itu, Ru’yat berharap, dengan keberadaan 30 Posdaya di Kota Bogor, menjadi sarana efektif untuk memancing keterlibatan aktif masyarakat dalam menangani kemiskinan di lingkungan masing-masing.

“Posdaya harus menjadi sarana masyarakat untuk berjuang bersama membantu tetangga, kerabat dan diri mereka sendiri agar terlepas dari kemiskinan. Itu sebabnya Lokakarya menjadi penting. Karena sampai saat ini kita masih perlu berinovasi dan berkreativitas untuk menjadikan posdaya benar tumbuh menjadi lembaga masyarakat yang mandiri dalam berjuang memberdayakan masyarakat itu sendiri,” tambahnya. (dian/gus-kotabogor.go.id)

2 komentar:

  1. https://juraganqqagenbandarq.home.blog/2019/03/15/8-makanan-yang-bisa-menambah-tinggi-badan-remaja/

    BalasHapus
  2. https://juraganqqagenbandarq.home.blog/2019/03/15/8-makanan-yang-bisa-menambah-tinggi-badan-remaja/

    BalasHapus